w w w . L E G E N D A Q Q . c o m

Rabu, 19 April 2017

Ditemukan 8 Mumi di Kuburan Kuno Mesir Berumur 3.500 Tahun




POKERMULIA - Otoritas Mesir menemukan 8 mumi dari dalam sebuah kuburan kuno berusia 3.500 tahun. Tidak hanya mumi, 10 sarkofagus penuh warna dan sejumlah besar arca kecil juga ditemukan dalam kuburan kuno itu.

Diumumkan oleh Kementerian Urusan Antik Mesir, seperti dilansir CNN, Rabu (19/4/2017), misi arkeologi Mesir menemukan kuburan kuno itu di area nekropolis Draa Abul Nagaa, dekat Luxor, Mesir bagian selatan. Nekropolis merupakan sebutan kuburan besar di sebuah kota kuno.



Kuburan kuno berbentuk huruf T itu merupakan bagian dari kota yang disebut Userhat dan memiliki ciri khas kuburan bangsawan Kerajaan Baru.

Tim arkeolog Mesir memindahkan puing sebanyak 450 meter kubik, hingga menemukan pintu masuk ke kuburan kuno itu. Ditemukan juga dua kuburan kuno yang saling terhubung.

Kementerian Urusan Antik Mesir menyebut, pekerjaan penggalian dilakukan secara penuh. "Demi mengungkap rahasia dua kuburan ini," sebutnya.



Bilik bagian dalam pada bagian utama kuburan kuno itu menjadi lokasi koleksi sarkofagus atau peti batu dari Dinasti ke-21. Kementerian menyebut, sarkofagus itu ditemukan masih dalam kondisi baik. Ditemukan juga beberapa mumi yang terbungkus kain linen di dalam bilik itu.

Tim arkeolog juga menemukan arca penguburan berukuran kecil atau ushabti yang terbuat dari keramik berlapis, terakota dan kayu. Koleksi jambangan dari tanah liat juga ada di dalam bilik itu.

"Koleksi arca ushabti, topeng kayu dan pegangan tutup sarkofagus ditemukan dalam penggalian," demikian disampaikan Kementerian Urusan Antik Mesir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar