w w w . L E G E N D A Q Q . c o m

Kamis, 06 April 2017

Jalur Kereta Medan-Danau Toba Akan Dibangun, Gubernur Sumut: Kita Dukung

Medan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Erry Nuradi menyambut baik rencana Menhub Budi Karya Sumadi terkait rencana pembangunan jalur kereta api baru ke Parapat. Pembangunan itu rencana dilakukan sebagai salah satu upaya memperbanyak akses ke sektor wisata Danau Toba.

"Saya rasa bagus sekali. Kita dukung," kata Erry saat berbincang dengan detikFinance, Kamis (6/4/2017).

Namun, menurut Erry, pembangunan tersebut haruslah mempertimbangkan dari sisi berbagai teknis. Mengingat kondisi geografis menuju Danau Toba yang tidak rata, maka masalah teknis terutama yang menyangkut keselamatan harus benar-benar diperhatikan.

"Pertama harus sesuai teknis dulu. Karena kan Danau Toba ini dataran tinggi. Kereta api harus naik ke atas," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, pembangunan tersebut juga harus menghitung dari sisi ekonomisnya. Jumlah penumpang disebut Erry harus dipertimbangkan.

"Sisi ekonomisnya harus dihitung kira-kira berapa penumpangnya. Jangan nanti kita buat transportasi tapi jumlahnya sedikit. Tapi secara prinsip, kita mendukung. Sangat mendukung sekali," imbuh Erry.

Sebelumnya diberitakan, Menhub Budi mengungkapkan jalur kereta baru tersebut bisa dimulai pembangunannya pada tahun depan, dan paling cepat bisa selesai tersambung dari Stasiun Medan ke Danau Toba pada tahun 2019.

"Itu paling cepat 2019, kalau dari Siantar ke Toba kan 30 km ya, tahun depan mulai. Sementara dari Medan ke Siantar sudah ada (rel kereta)," kata Budi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar