w w w . L E G E N D A Q Q . c o m

Minggu, 23 April 2017

Resep Jack Ma, dari Orang Miskin Kini Miliki Rp 376 Triliun




POKERMULIA - Berasal dari keluarga miskin dan sering menemui kegagalan dalam perjalanan hidupnya, Jack Ma kini jadi salah satu orang terkaya di China dengan harta USD 28,3 miliar atau di kisaran Rp 376 triliun. Ia adalah pendiri perusahaan e-commerce raksasa, Alibaba. Apa rahasia suksesnya?

Prestasi Ma di sekolah sebenarnya biasa-biasa saja dan ia mengaku tak terlalu tahu teknologi. Dari kecil, Ma juga hidup berkekurangan. Tapi insting bisnisnya memang hebat dan tekadnya kuat. Berikut beberapa kalimat inspiratif Ma yang jadi rahasia suksesnya, seperti dikutip detikINET dari berbagai sumber.

- Aku bukan seorang tech guy. Aku melihat teknologi dari mata konsumenku, mata orang normal. Aku tak tahu apapun soal teknologi.

- Jangan pernah menyerah. Hari ini memang berat, besok akan lebih buruk, tapi lusa matahari akan bersinar.

- Jika kamu tidak menyerah, kamu masih punya kesempatan. Dan ketika kamu masih belum besar, kamu harus sangat fokus dan bergantung pada otakmu, bukan fisikmu.

- Impianku adalah membuat perusahaan e-commerce sendiri. Tahun 1999, aku mengumpulkan 18 orang di apartemenku dan bicara pada mereka selama 2 jam tentang visiku. Tiap orang menaruh uang di meja dan kami memperoleh USD 60 ribu untuk memulai Alibaba. Aku ingin memiliki perusahaan global, jadi aku memilih nama global.

- Aku selalu yakin kalau kita harus berpikir tentang apa yang harus kita lakukan dalam sepuluh tahun ke depan. Kami sukses pada hari ini karena kami memiliki impian 15 tahun lampau. Waktu itu kami percaya kalau internet akan membantu para pebisnis skala kecil.

- Aku ingin mengubah sejarah, melakukan sesuatu yang penting dalam hidupku dan mempengaruhi para individu seperti yang terjadi dengan jutaan bisnis kecil yang ada di Alibaba.

- Bantulah para anak muda. Tolonglah mereka. Anak muda akan menyimpan bibit baik yang kamu berikan di pikiran mereka dan ketika tumbuh besar, mereka akan mengubah dunia.

- Aku selalu mencoba membuat diriku bahagia, jika tidak teman-temanku pun tidak bahagia, demikian pula para pemegang saham dan konsumen.

- Hal terpenting yang harus kamu miliki adalah kesabaran.

- Jika Alibaba tidak bisa sebesar Microsoft atau Wal Mart, aku akan menyesalinya seumur hidupku.

- Jika kamu ingin tumbuh, temukanlah kesempatan yang bagus. Saat ini, jika kamu ingin menumbuhkan perusahaan menjadi hebat, berpikirlah tentang masalah sosial apa yang bisa kamu selesaikan.

- Jika kita hanya bekerja mulai pukul delapan dan pulang ke rumah pada pukul lima, maka kita bukanlah perusahaan teknologi tinggi dan Alibaba tidak akan pernah sukses. Jika semangat kita hanya seperti itu, kita kerjakan saja hal lain.

- Sesukses apapun kamu dalam karir, kamu harus selalu mengingat kalau kita berada di sini untuk hidup. Jika kamu selalu saja sibuk, kamu pasti akan menyesalinya.

- Jika kamu miskin pada umur 35 tahun, kamu memang pantas mendapatkannya.

- Dunia tidak akan mengingat apa yang kamu katakan tapi pasti tidak akan melupakan apa yang kamu lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar